Ahli Kompie

Cara Menyelamatkan Data Hard Disk Rusak

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa perangkat komputer/ laptop yang Anda miliki dilengkapi dengan sebuah perangkat bernama hard disk. Hard disk merupakan salah satu storage device (perangkat penyimpanan) data pada sebuah perangkat komputer. Fungsi dari perangkat hard disk ini sangatlah penting, karena didalamnya semua data penting yang Anda miliki disimpan didalamnya. Hard disk memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan terbesar, yaitu menyimpan file-file sistem operasi, file-file aplikasi program, dan file-file dokumen kerja yang Anda miliki. Pasaran produk hard disk semakin hari semakin berkembang, hal ini ditandai dengan bermunculannya produsen-produsen yang memproduksi hard disk sebagai hasil produksi utamanya, antara lain Seagate, Fujitsu, Samsung, Hitachi, Siemens, Maxtor dan Western Digital.

Hard disk seperti halnya perangkat lain, juga rentan terhadap kerusakan baik kerusakan secara secara teknikal maupun secara kondisional. Kebanyakan kasus  kerusakan pada hard disk sangat sulit untuk dipulihkan, karena hard disk termasuk perangkat yang sangat sensitif. Seringkali pengguna terpaksa merelakan semua dokumen yang ada didalamnya yang tidak terselamatkan dan membelu hard disk baru dengan harga yang relatif mahal. Kerusakan hard disk dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti konsleting listrik, kehilangan aliran listrik secara tiba-tiba, menekan tombol reset saat hard disk sedang membaca, bad sector, terkena paparan magnet, dan terjatuh.  Pada artikel kali ini Kami akan membantu Anda untuk dapat menyelamatkan hard disk Anda dari kerusakan, terlebih bagi Anda yang menyimpan data penting didalamnya bukan?

Cara Menyelamatkan Hard Disk Rusak – Langkah Pertolongan

 Menyelamatkan Hard Disk Rusak - Broken OneUntuk dapat  memperbaiki hard disk yang terlanjur rusak, hal pertama yakinkan diri Anda bahwa Anda dapat melakukannya dengan perasaan tenang, percaya diri dan tidak panik. Jangan sepelekan perasaan yang Anda rasakan, karena ketika kondisi perasaan Anda panik, takut berlebihan, gugup dan tidak percaya diri tidak mustahil pertolongan ini akanlah sia-sia belaka.

Selanjutnya masuk ke langkah-langkah yang lebih teknis, antara lain :

  1.  Tahap awal  untuk dapat menyelamatkan hard disk yang telah rusak adalah secara perlahan membuka baut hard disk yang menempel pada casing komputer. Bukalah casing, kemudian dengan menggunakan obeng lepaskan semua baut yang menempel pada casing.
  2. Masukkan perangkat hard disk Anda ke dalam freezer  atau lemari pendingin. Jangan dulu heran dengan tahapan ini, karena pada tahap ini hard disk akan dikondisikan untuk berada pada kondisi yang sangat dingin, sehingga hard disk dapat kembali membaca data-data yang ada didalamnya. Tapi ingat, bungkus hard disk dengan pembungkus yang akan menghalanginya dari tetesan air. Seperti pembungkus plastik yang memiliki tutup, atau pilihlah plastik dengan jenis zip top freezer bag. Pastikan hard disk tetap aman.
  3.  Menyelamatkan Hard Disk Rusak - FreezedSetelah hard disk aman terlindungi, maka masukkan perangkat ini ke dalam freezer selama kurang lebih 12 jam agar proses pendingan di dalam hard disk merata.
  4. Setelah disimpan selama dua belas jam, keluarkan hard disk dari freezer dan kemudian pasangkan kembali pada komputer. Cobalah untuk membuka data-data yang ada didalamnya. Setelah terbaca, salin dan pindahkan seluruh data pada tempat yang Anda rasa aman. prioritaskan data penting terlebih dahulu untuk diselamatkan.
  5. Setelah suhunya meningkat, biasanya hard disk akan kembali sulit untuk diakses. Hal ini diakibatkan peningkatan suhu yang cepat, menjadikan hard disk kesulitan untuk membaca data. Jika data penting Anda belum terselamatkan seluruhnya, maka ulangi tahapan 1-5 beberapa kali hingga seluruh data terselamatkan dengan baik.

 Menyelamatkan Hard Disk – Penutup

Walaupun terkesan sangat sederhana, namun beberapa tahapan tersebut terbukti cukup ampuh untuk dapat mengatasi kerusakan permanen dalam hard disk dan yang lebih penting dari itu adalah semua data-data penting yang Anda miliki dapat terselamatkan.

Selamat mencoba.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *