Cara Membuat Guestbook Dengan PHP dan MySQL

Jika anda memerlukan cara agar dapat  membuat situs web anda menjadi lebih interaktif, cobalah untuk menggunakan Guest book. Guestbook jika dalam bahasa indonesia memiliki arti buku tamu merupakan cara suatu situs agar dapat bersifat interaktif dengan para pengunjung situs web tersebut. Dengan adanya guestbook pada situs web anda, maka setiap pengunjung dapat memberikan komentar atau pesana dimana nantinya komentar atau pesan tersebut dapat dibaca oleh anda dan penugnjung lain yang datang. Dengan menggunakan Guestbook maka kita dapat berinteraksi dengan pengunjung situs web kita sehingga akan menambahkan nilai positif untuk web kita.

Cara Membuat Guestbook Dengan PHP dan MySQL – Pembuatan Database

Jika Anda ingin membuat Guestbook sendiri, Anda bisa mencoba untuk mengikuti cara/contoh yang kami berikan pada artikel kali ini. Kita akan membuat sebuah guestbook sederhana dengan tampilan yang sederhana pula.

Berikut adalah contoh tampilan yang dapat Anda hasilkan dari contoh kode cara membuat guestbook yang kami berikan di atas (dengan sedikit pewarnaan supaya terlihat lebih baik) :

Cara Membuat Guestbook


Dalam pembuatan guestbook yang akan kita lakukan, ada beberapa aplikasi yang harus terinstall terlebih dahulu dalam komputer anda sebelum anda membuat Guestbook seperti:

  • Web Server – PHP Compiler – Basis Data (Database)

Agar program yang anda buat nantinya dapat berjalan dengan baik, maka jalankan semua service terlebih dahulu, seperti layanan server web dan mySQL. Web server akan dipakai untuk melakukan parsing data PHP, sedangkan mySQL akan dipakai untuk . Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membuat basis data yang bernama visitor dan kami akan memakai nama tabelnya bukutamu.

Cobalah jalankan script di bawah ini untuk membuat basis data visitor di server mySQL Anda :

Creare database visitor;

create table bukutamu (
tgl date,
nama_tamu varchar(100),
email_tamu varchar(100),
pesan_tamu (text); )

Pada tabel bukutamu diatas terdapat 4 field yang berbeda, dimana masing – masing field akan menyimpan data yang berbeda pula. Field tgl, nantinya akan menyimpan data yang diinput dalam format date, sedangkan filed nama_tamu dan email_tamu akan menyimpan masing – masing nama dan email tamu tersebut. Dan field pesan_tamu akan menyimpan pesan yang ditinggalkan tamu dalam format text.

Cara Membuat Guestbook Dengan PHP dan MySQL – Pembuatan Script PHP

Pada proses pembuatan Guestbook kali ini, anda membutuhkan dua file, yaitu form HTML dan juga script PHP untuk processingdata form HTML tersebut. Untuk bagian HTML form kita coba untuk memberi nama guestbook.php, sedangkan script untuk memproses data guestbooknya, akan kita beri nama guestbook_p.php.

Berikut code untuk file PHPnya

<?php
include “config.php”; // digunakan untuk menyertakan kode dari file config.php

// proses penambahan data ke database
if($mod == “add”){
$add_query = mysql_query(“insert into bukutamu values(”, ‘$nama’, ‘$email’, ‘$tanggal’, ‘$pesan’)”) or die(mysql_error());
}
?>

<html>
<head>
<title>Buku Tamu</title>
</head>
<body>
<?php
if($add_query){
echo “Data berhasil di tambahkan, <a href=\”lihat.php\”>lihat buku tamu</a>”;
}
?>
Form Buku Tamu <br /><br />
<form method = “post” action = “#”>
nama : <input type = “text” name = “nama”><br>
email : <input type = “text” name = “email”><br>
alamat : <textarea name=”alamat”></textarea><br>
pesan : <textarea name=”pesan”></textarea><br>
<input type=”hidden” name=”mod” value=”add”>
<input type=”submit” name=”button” id=”button” value=”Submit”>
</form>
<?php
}
?>
</body>
</html>

Jika anda telah selesai membuat kode diatas, maka sekarang anda dapat membuat koneksi basis data yang akan digunakan, berikut caranya :

<?php
$hostDB = “localhost”; // untuk hostname database, disesuaikan dengan server
$userDB = “root”; // secara default, XAMPP membuat database user root
$passDB = “”; // secara default, password root adalah null
$DB = “learn”; // sesuaikan dengan database yang dibuat pada database MySQL anda

// memulai koneksi ke database MySQL
$conn = mysql_connect ($hostDB, $userDB, $passDB) or die(mysql_error());

// Memilih database yang akan digunakan
mysql_select_db($DB, $conn) or die(mysql_error());
?>

Cara Membuat Guestbook Dengan PHP dan MySQL – Catatan dan Penutup

Setelah melakukan semuanya, jangan lupa untuk menyesuaikan nilai yang ada pada variabel di atas sesuai dengan pengaturan di database MySQL yang dipakai. Yang kami berikan diatas merupakan settingan secara default, jadi jika settingan pada server ada telah diubah maka sesuaikanlah dengan konfigurasi pada server anda.

Cobalah untuk menaruh file yang telah Anda buat pada folder root dari localhost Anda, dan setelah itu anda bisa mencoba menjalankan file guestbook.php dari browser yang Anda pakai dengan cara mengetikkan perintah http://localhost/guestbook.php.

Jika file muncul dengan lancar, berarti project membuat Guestbook yang kita buat kali ini telah berjalan dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Posted

in

by

Tags:

Comments

12 responses to “Cara Membuat Guestbook Dengan PHP dan MySQL”

  1. Maaf Sang Master, Saya Memang Perlu Banyak Belajar dari Anda, Itu Hasil Web bikinan saya Sendiri, Jueelek Sekali, Karena Masih Bener2 Belajar dan hanya menjalankan Perintah Program, Edit html yang saya gunakan Adobe Dreamweaver CS3, dan untuk framenya Adobe Photoshop CS3 dan Flashnya juga Adobe Flash CS3. Tolong Kasih Pengarahan Barangkali ada yang Kurang. Terima Kasih Atas Bantuannya.

    1. Ahli Kompie

      @ Frada152

      Terima kasih telah berkunjung.

      Saran pertama saya adalah gunakan CMS seperti WordPress atau Joomla untuk mempermudah Anda melakukan management content dari website Anda.

      Yang kedua, coba untuk hilangkan animasi-animasi yang dirasa kurang perlu. Terlalu banyak animasi dapat membuat orang distracted (teralihkan) dari menikmati isi utama dari website Anda.

      Yang ketiga, kalau tidak berat coba untuk memakai domain sendiri, tidak menumpang di *.16mb.com. Dengan memiliki nama domain sendiri, website bisa lebih mudah diingat dan juga terlihat lebih professional.

      Mungkin begitu dulu sarannya. Semoga bermanfaat.

    2. oh ya.. maaf Lupa… Kalau web nya ga bisa di aksesm ya harap maklum soalnya yang coba yang gratisan dulu, kalau sudah lengkap, insya Allah Saya mau Beli Sekaligus Pengen Bisnis Di internet, Tolong Sekalian di kasih Pengarahan. Kalau Halaman ini Sangat Bagus, Sederhana tapi Berbobot Sekali.
      Terma Kasih Banyak Atas Segala Bantuannya.

      1. Ahli Kompie

        @ Frada152

        Terima kasih kembali Pak. Senang bisa membantu.

        Untuk arahan membuat blog, mudah-mudahan lain kali kami bisa membantunya. Tapi untuk sekarang sepertinya kami masih fokus menulis seputar dunia komputer terlebih dahulu.

        Terima kasih untuk sarannya.

  2. gie

    mas,, saya sdh buat juga udh berjalan cuma nama, email , dan komen tidak muncul/ terbaca . kenapa y mass……..???

    1. Ahli Kompie

      @ Gie

      Pertama, cek di database apa data sudah masuk dengan benar. Kalau di sini bermasalah, perbaiki form inputnya. Kalau sudah masuk dengan benar, kemungkinannya pas retrieve (tarik) data salah, coba dibenahi script outputnya.

  3. gfjnghjn

    alert(‘aaaaaa’);

    1. Ahli Kompie

      @ gfjnghjn

      alert(‘aaaaaa’); ==> sepertinya ini bukan kode PHP, tapi kode Javascript :)

  4. maaf mas ahlikompi … bisa dijelaskan dengan demo?? saya kurang paham dengan tutorial di atas .. sekian ^_^

    1. Ahli Kompie

      @ Jalz

      Untuk demo mudah2an lain kali kami bisa memberikannya.

  5. numpang menyimak ya mas

    1. Ahli Kompie

      @ newbeejr

      Ya silakan, semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *