Ahli Kompie

Cara Membuat Email Google/Gmail

 

Pada era informasi dan globalisasi ini, memiliki akun email adalah bagaikan sebuah keharusan. Dengan memiliki akun email, Anda akan dapat berkomunikasi dengan banyak orang diseluruh dunia dengan cara yang lebih mudah. Untuk akun email itu sendiri, kini tersedia berbagai macam pilihan akun, seperti Yahoo mail, Indoglobal dan yang lainnya. Kali ini, yang akan kita bahas adalah akun Gmail.

Email Google/Gmail  adalah akun email yang dikeluarkan oleh Google Inc. Dengan Anda memiliki akun Gmail, berarti secara otomatis Anda juga telah memiliki akun Google dan Anda akan dapat mengakses Gmail serta layanan Google lainnya.

Cara Membuat Email Google/Gmail – Langkah Pembuatan

1. Buka www.gmail.com di komputer Anda

2. Klik ‘Create an account’

Email Google/Gmail - Create an Account

3. Sebelum mulai mengisi form, Anda dapat memilih bahasa pada kotak di sebelah kanan atas.

Email Google/Gmail - Choose Language

4. Isi form registrasi. Form registrasi email Google/Gmail yang Anda isi akan berisi poin-poin berikut :

– Nama depan
– Nama belakang
– Alamat akun email Google/Gmail yang diinginkan. Alamat yang Anda ketikkan harus di-cek terlebih dahulu keberadaannya agar tidak ada alamat akun Gmail yang sama. Pada bagian ini Anda tidak diijinkan untuk menuliskan karakter spasi.
– Password. Pada kotak isian password ini, Anda harus mengetikkan karakter yang cukup panjang, minimal 8 karakter. . Terdapat grafik sederhana yang terletak di sebelah kanan kotak isian pasword. Grafik ini akan menginformasikan pada Anda mengenai kekuatan password Anda, apakah terlalu pendek, cukup baik atau sangat baik. Karakter yang Anda ketikkan bisa berupa campuran huruf dan angka.
– Konfirmasi password. Masukkan kembali password yang Anda ketikkan di kolom ini untuk memvalidasi password Anda. Dibawahnya, terdapat kotak ceklist ‘Stay signed in’ dimana jika Anda men-checklist bagian ini, settingan password dan username Anda akan disimpan di komputer untuk mempermudah akses ke akun Gmail Anda.

Yang tidak kalah penting adalah kotak checklist ‘Enable Web History’. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan seperti,
> Anda dapat menampilkan serta melakukan pencarian mengenai halaman web yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, termasuk pencarian Google.
> Anda dapat mengetahui tren pada aktifitas web Anda, seperti situs yang paling sering dikunjungi atau topik pencarian teratas
> Anda dapat memperoleh personalisasi terhadap hasil pencarian yang Anda inginkan berdasarkan kata kunci yang ingin Anda cari dan berdasarkan situs yang pernah Anda kunjungi
> Dan lain-lain

Email Google/Gmail - Registration Form 1

5. Pertanyaan keamanan. Jika Anda lupa dengan password Anda, maka gmail akan menanyakan jawaban dari pertanyaan keamanan yang pernah Anda inputkan. Contohnya, “siapa nama sahabat Anda saat Anda masih kecil?”

6. Jawaban dari pertanyaan keamanan. Tulis jawaban dari pertanyaan sebelumnya dan jangan lupa untuk selalu mengingat jawabannya.

7. Email pemulihan (Recovery email). Disini Anda harus memasukkan alamat email yang Anda yang lain yang nantinya akan digunakan untuk mengotentikasi akun Anda jika suatu hari nanti terjadi masalah, seperti misalnya lupa password atau yang lainnya. Tapi jika Anda tidak memiliki alamat email lain, Anda boleh mengabaikan kotak isian ini.

8. Lokasi. Pilih nama negara dimana Anda tinggal saat ini.

9. Tanggal Lahir. Masukkan tanggal, bulan serta tahun kelahiran Anda

10. Verifikasi kata. Disini Anda harus mengetikkan karakter kode yang ditampilkan sebagai verifikasi proses registrasi akun Anda

Email Google/Gmail - Registration Form 2

11. Syarat dan ketentuan. Disini tersedia informasi mengenai peraturan dan ketentuan yang diberlakukan Gmail untuk para. Untuk lebih memahaminya, silakan baca informasinya dan setelah itu klik ‘I accept. Create my account’ yang artinya, Anda menerima dan menyetujui semua ketentuan yang berlakukan gmail dan siap untuk membuka akun.

12. Selesai

Cara Membuat Email Google/Gmail – Penutup dan Kesimpulan

Sebagai informasi tambahan, jika Anda selalu menggunakan komputer pribadi, maka kami anjurkan untuk men-ceklist kotak ‘star signed in’ di kotak isian saat anda akan melakukan sign-in pada akun Gmail Anda. Ini akan berfungsi agar komputer Anda menyimpan settingan username dan password Anda di lain waktu saat Anda melakukan login kembali ke akun email Google/Gmail. Jadi, saat Anda mengetikkan ‘gmail.com’ di browser, maka Anda akan langsung di-direct ke akun Gmail yang Anda miliki. Ini tentunya sangat praktis karena berarti Anda dapat membuka akun email Google/Gmail Anda lebih cepat dan pastinya dapat menghemat waktu Anda. Tapi, jangan pernah mencoba trik ini di komputer lain atau di komputer warnet. Ini cukup berbahaya. Akun Anda bisa dibuka dan dibajak orang lain. Anjuran lainnya, Jangan lupa untuk logout terlebih dahulu agar saat Anda membuka akun Anda di komputer lain.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *