Ahli Kompie

7 Trik Jitu Google Chrome

Web browser adalah sebuah software yang bisa dikatakan paling penting yang harus ada di komputer Anda. Dan kini Google meluncurkan sebuah browser bernama Google Chrome yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai website dan berbagai aplikasi dengan kecepatan yang sangat tinggi. Berikut akan diuraikan 7 trik jitu untuk Google Chrome.

1. Membuka Beberapa Halaman Pada Startup

Jika Anda tahu triknya, Anda akan dapat membuka lebih dari satu situs saat startup serta menyajikan akses instan ke berbagai situs serta layanan yang tersedia.

Trik Google Chrome - Multi Home Page

Langkah-langkah :

– Klik ikon bergambar’kunci inggris’ yang terletak di kanan atas jendela browser Anda.
– Pilih ‘Option’
– Dibawah tab ‘Basic’, ceklis box yang tulisannya ‘on startup…open the following pages’.
– Jika Anda mengklik ‘Add’ maka akan tampil daftar situs yang baru di-browse atau pilihan lainnya – Anda dapat menginputkan alamat URL di box yang terletak di sebelah atas. Nantinya, saat Anda akan menjalankan browser, situs-situs tersebut akan dimuat secara otomatis dan dengan ini pastinya Anda akan dapat menghemat lebih banyak waktu.

2. Menempelkan Tab di Bar Browser

Jika Anda akan mengakses beberapa situs atau layanan dalam satu web session, Anda dapat ‘menempelkan’ tab di Chrome, yang nantinya si jendela akan mengecil ke ukuran favicon – dan memungkinkan ruang yang lebih banyak untuk multi-tasking. Dengan ini, Anda juga dapat mencegah hilangnya tab di sisi layar saat Anda membuka beberapa tab sekaligus.

Trik Google Chrome - Pinning Tab

Langkah-langkah :

– Klik kanan pada tab yang ingin Anda ‘tempelkan’
– Klik ‘Pin Tab’
– Untuk memperbesar tab, klik kanan lalu klik lagi ‘Pin Tab’ (untuk menghilangkan centangnya)

3. Mengubah website Favorit Anda menjadi ‘Desktop Apps’

Chrome menyediakan cara lain bagi Anda yang ingin melakukan akses cepat ke situs favorit. Caranya yaitu dengan mengubah situs yang bersangkutan ke sejenis ‘desktop app’.

Trik Google Chrome - Application Shortcut

Langkah-langkah :

– Arahkan ke situs yang Anda inginkan ke Desktop-ize,
– Arahkan ke ikon bergambar ‘kunci inggris’ yang terletak di kanan atas jendela browser Anda.
– Pilih ‘Tools’
– Klik ‘Create application shortcut’

Langkah-langkah tersebut diatas akan menampilkan jendela yang memungkinkan Anda untuk membuat shortcut di desktop, pada start menu atau pada bar quick launch.

4. Menambahkan ‘Home Button’ ke Toolbar

Trik Google Chrome - Home Button Toolbar

Langkah-langkah :

– Klik ikon bergambar ‘kunci inggris’ di sebelah kanan atas
– Pilih ‘Options’
– Kemudian Klik Check-box dengan tulisan ‘Show Home button on the toolbar’ (tampilkan home button di toolbar)

5. Melakukan Perhitungan di Omnibox

disamping berfungsi sebagai bar URL dan tempat pencarian, ‘Omnibox’ pada Chrome ternyata berfungsi sebagai kalkulator juga. Daripada harus membuka aplikasi kalkulator, seperti Google atau Wolfram Alpha, Anda dapat dapat melakukan perhitungan matematika sederhana pada Omnibox.

Trik Google Chrome - Simple Computation

Hasil perhitungan akan tampil dimana terdapat ‘auto-suggestion’. Tambahannya, selain penjumlahan sederhana, Omnibox ini juga dapat mengerjakan perhitungan konversi. seperti satuan feet (kaki) ke meter, gelas ke liter dan yan lainnya.

6. Mengisikan alamat dengan AutoFill dan Auto-Complete

Jika Anda sering mengatikkan alamat yang sama berulang kali, sepertinya Anda membutuhkan fitur Chrome yang bernama ‘AutoFill’ (pengisian otomatis). Jadi, jika suatu hari nanti Anda disuguhkan kembali dengan form alamat, maka Anda tidak harus lagi mengetikannya secara manual.

Trik Google Chrome - Autofill

Langkah-langkah

– Klik ikon bergambar ‘kunci inggris’
– Pilih ‘Options’
– Klik ‘Personal Stuff’
– Pilih ‘AutoFill’
– Dengan memilih ‘Add address’, Anda dapat menginputkan detail alamat yang diinginkan.

7. Menggunakan URL Untuk Melihat History, Bookmark dan Download

Chrome dapat menampilkan beberapa data dan setting browser Anda melalui URL khusus. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menampilkan informasi di browser Anda – apalagi karena semua pilihan dapat di-search.

Trik Google Chrome - Miscellaneous

Caranya mudah, untuk menampilkan bookmark, downlaod dan history (riwayat penelusuran) – silakan ketik “chrome://bookmarks,” “chrome://downloads,” atau “chrome://history” di omnibox.

7 Trik Jitu Google Chrome – Penutup

Demikian 7 trik jitu Google Chrome yang dapat kami sampaikan. Mudah dijalankan dan bermanfaat dilakukan. Semoga Anda dapat mengambil ilmu dan sebuah ide baru dari tulisan kami kali ini. Salam.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *