Ahli Kompie

Cara Menuju Slide Tertentu Pada PowerPoint

Meskipun sudah sangat familiar di kalangan masyarakat dalam melakukan presentasi, akan tetapi banyak yang hanya tahu kulitnya saja alias sekadar tahu cara membuat slide presentasi dengan Microsoft PowerPoint. Tak banyak orang terlalu mengotak-atik PowerPoint. Kebanyakan dari kita hanya membuat file presentasi sederhana dan default alias sesuai bawaan template PowerPoint.

Pada saat presentasi pun, seringkali kita masih menggunakan langkah yang “panjang” hanya sekadar untuk menampilkan slide secara “full screen” sementara ada cara cepat hanya dengan menekan satu tombol atau mengklik satu “shortcut” yang disediakan oleh PowerPoint itu sendiri. Semua biasanya karena kita hanya mencukupkan diri pada pengetahuan umum, belum pada tahap memperdalam. Salah satu yang kita mungkin belum tahu adalah cara agar kita dapat berpindah ke salah satu slide dalam presentasi PowerPoint.

Biasanya ketika kita melakukan presentasi dengan PowerPoint, saat ada peserta yang menanyakan salah satu materi yang ternyata ada di slide lain dari slide yang sedang ditampilkan maka kita memilihnya dengan 2 cara umum yakni kembali ke tampilan “biasa” alias ke file PowerPoint lalu mencari slide-nya kemudian menampilkannya kembali secara “full screen”. Atau dengan cara kedua, yakni dengan menekan panah ke atas (jika slide ada di slide sebelumnya) atau panah ke bawah (jika slide berada di slide setelahnya). Alangkah memakan waktu bukan? padahal peserta dengan jelas mengatakan “halaman” slide yang ia pertanyakan. Maka anda dapat menambahkan link untuk menuju slide tertentu yang dianggap penting. Anda penasaran bagaimana menambahkan link untuk menuju slide tertentu pada presentasi PowerPoint? Yuk kita simak terus artikel ini yang akan memaparkan mengenai cara untuk membuat link untuk menuju slide tertentu pada presentasi PowerPoint.

Solusinya : Membuat Link Untuk Slide Tertentu

Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk membuat link tersebut ada beberapa cara, akan tetapi kami hanya akan memaparkan satu cara saja terlebih dahulu. Kami kira satu cara ini cukup efektif dan cukup mudah untuk dapat diterapkan dan diikuti. Yang harus anda miliki tentu saja file presentasi PowerPoint dan file lain yang akan anda kirimkan link jika memang akan seperti demikian. Berikut langkah yang dapat anda ikuti untuk membuat link.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan atau menciptakan objek untuk link yang akan anda buat. Objek tersebut dapat berupa gambar, clip art ataupun word group. Pilih objek tersebut lalu klik tombol Hyperlink yang berada di bawah opsi Insert Toolbar.
PowerPoint Hyperlink
  • Setelah tombol Hyperlink diklik, akan muncul sebuah kotak dialog Hyperlink. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari atau menemukan file yang akan anda link. Klik satu kali dengan menyorot file. pastikan anda tidak menutup kotak dialog terlebih dahulu.
  • Klik tombol Bookmark yang ada di bagian kanan kotak dialog. Akan muncul sebuah jendela baru dimana anda dapat memilih lokasi yang anda inginkan untuk berpindah lokasi ke dokumen link. Jika anda menghubungkan link ke dokumen PowerPoint, maka akan tampil slide berbeda yakni slide PowerPoint yang anda pilih. Sedangkan ketika anda memilih menghubungkan link ke dokumen Excel  misalnya, maka link akan memunculkan dokumen Excel yang anda pilih tadi.
Powerpoint Hyperlink Target
  • Klik tombol OK setelah memilih file, maka kotak dialog akan tertutup dan perubahan yang anda buat akan tersimpan.

Cara Menuju Slide Tertentu Pada PowerPoint – Penutup

Demikian saja cara untuk membuat link ke halaman powerpoint tertentu. Tidak terlalu susah. Untuk memastikan link dapat berjalan atau tidak, anda dapat mengetesnya dengan menjalankannya.

Menarik bukan? selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *