Cara Membuat Twitter Account

Saat ini penggunaan social media seperti Facebook, Twitter, YouTube, Flickr, Digg,  Yelp,Reddit, Linkedln, Second Life, MySpace,dan Blog berkembang dengan sangat cepat. Seperti yang dilansir oleh web-strategist ,jumlah pengguna sosial media saat ini sudah mencapai 90% dari seluruh pengguna internet di dunia. Itu artinya hampir seluruh pengguna internet memiliki account social media. Hingga pada tahun 2010 saja, jumlah pengguna aktif Facebook 800 juta orang, 500 juta orang membaca blog, 236  juta menjadi blogger, 200 juta pengguna  Twitter, dan YouTube yang telah dikunjungi oleh lebih dari 100 juta orang per bulan.

Walaupun hingga saat ini social media facebook masih menempati urutan pertama dengan jumlah pengguna terbanyak, namun diprediksi ‘ketenarannya’ akan segera memudar pada tahun tahun mendatang. Hal ini ditandai dengan menurunnya statistika pertumbuhan pengguna facebook setiap harinya dan meningkatnya penggunaan social media lainnya seperti twitter. Oh ya berbicara tentang Twitter, sudahkah Anda mengenal Twitter?

Mengenal Twitter Lebih Lanjut

Saat ini, siapa sih yang tidak mengenal twitter? Twitter merupakan salah satu situs  sosial media berbasis microblogging yang memungkinkan penggunanya  membaca danmengirim  pesan yang berjumlah tidak lebih dari 140 karakter saja. Saat ini Twitter menjadi sangat terkenal karena dirasa lebih powerfull dan efektif dijadikan sebagai media komunikasi sosial dibandingkan dengan media sejenis lainnya. Twitter disinyalir disebut-sebut sebagai pesaing berat  facebook. Dengan  jumlah pengguna yang terus meningkat, Twitter mencoba menghancurkan  dominasi facebook sebagai ‘penguasa’  social media.

Eksistensi Twitter terus terangkat karena banyak digunakan oleh tokoh-tokoh terkenal seperti artis, politikus, hingga presiden negara-negara besar. Twitter sendiri hadir dengan beragam ciri khasnya, seperti jumlah karakter yang dibatasi (hanya 140 karakter), kemudahan melakukan dan melihat  ‘kicauan’ (tweet), kenyamanan dalam mengikuti kicauan pengguna (following) dan regulasi pengikut (follower) yang nyaman untuk digunakan, tersedianya fasilitas  Hashtags (#),  Trending Topic, Fasilitas Seacrh dan Time linePublic. Twitter juga sangat mudah digunakan tidak hanya melalui situs resmiya, tapi juga dengan menggunakan aplikasi mobile eksternal pada telepon seluler atau dengan hanya mengirimkan pesan singkat (berlaku di beberapa negara).

Cara Membuat Twitter Account – Langkah Mudah

Bagi Anda yang berminat mencoba dan membuat Twitter account baru, berikut ini beberapa langkah cara membuat twitter account yang dapat Anda ikuti :

  • Cara membuat twitter account yang pertama, pastikan Anda memiliki email aktif.
  • Jika belum memiliki email, buatlah email terlebih dahulu. Bisa melalui gmail.com atau mail.yahoo.com
  • Setelah email Anda aktif, bukalah alamat situs www.twitter.com
  • Isi formulit / pilih tanda ‘ Sign Up Now’ pada halaman depan situs Twitter
Cara Membuat Twitter - Homepage
  • Setelah itu Anda akan berada pada halaman formulir (form) yang berisi beberapa kolom isian data diri Anda
  • Isi semua isian yang terdapat pada form, seperti Nama Lengkap pada kolom  ‘Full Name’, Username pada kolom ‘Username’, isikan Password pada kolom ‘Password’, dan isikan alamat email pada kolom ‘Email’. Ingat,  Jangan ada kolom yang dilewatkan satupun.
  • Pilih tombol ‘Create My account’.
Cara Membuat Twitter Form
  • Setelah memilih ‘Create My account’, akan muncul bagian pengisian kode captcha.
  • Untuk mengakhiri proses registrasi masukkan kode captcha yang tertera pada bagian yang telah disediakan. Hati-hati kode yang diisikan harus sesuai dengan kode captcha yang tertera dilayar.
  • Setelah seluruh langkah-langkah diatas dilakukan, langkah terakhir adalah dengan membuka email Anda. Karena pihak Twitter mengirimkan verifikasinya melalui email yang Anda isikan saat melakukan registrasi di awal tadi.
Inbox Email Konfirmasi
  • Klik pada link verifikasi yang diberikan di dalam email
Cara Membuat Twitter - Confirmation Link
  • Klik link verifikasi dan pengaktifan yang terdapat pada badan email
  • Setelah itu login untuk masuk ke dalam Twitter
Tampilan Dalam Twitter
  • Sekarang teman Anda masih kosong (nol), untuk mulai mencari teman, pilih menu Discover
Discover Twitter
  • Setelah itu masukkan nama teman Anda, atau organisasi/merek kesukaan Anda
Search Friends Twitter
  • Setelah itu, maka account Twitter Anda telah dapat digunakan secara resmi.

Cara Membuat Twitter Account – Penutup

Bagaimana, mudah bukan cara membuat twitter account itu? Selamat mencoba.

About Ahli Kompie 339 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

28 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*