Cara Menambahkan Animasi di PowerPoint

Bagi sebagian orang,  kegiatan presentasi merupakan hal yang paling menakutkan. Ketakutan tersebut didasari oleh ketidakmampuannya untuk berbicara di depan banyak orang. Proses presentasi juga dinilai gagal ketika, penyaji presentasi tidak menguasai materi yang disampaikan dan ketidaksiapan dalam menyajikan materi tersebut. Padahal kunci dari keberhasilan sebuah presentasi yang efektif adalah gabungan dari kemampuan berbicara di depan umum (Public Speaking), penguasaan materi, penyajian materi termasuk media yang digunakan untuk menyampaikan materi.

Tidak jarang kita temui, seorang pembicara yang sangat handal, mampu menguasai audience namun sangat tidak efektif dalam menyajikan materi dan penggunaan media presentasi. Penggunaan media presentasi dinilai sama pentingnya dengan kemampuan public speaking, karena keduanya merupakan elemen yang dapat membantu penyaji maupun  audience untuk lebih mudah memahami materi yang dipresentasikan.  Media presentasi dapat juga digunakan sebagai media visual yang membantu audience untuk memvisualisasikan maksud dan tujuan dari materi yang disampaikan.

Melakukan Presentasi Menggunakan Power Point

Salah satu media presentasi yang dapat Anda gunakan adalah  Microsoft Power Point. Aplikasi  ini merupakan salah satu aplikasi untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft Inc. Microsoft Power Point  berada dalam satu paket aplikasi Microsoft Office yang terdiri atas beberapa aplikasi perkantoran lainnya.

Microsoft PowerPoint Splash Screen

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Power Point yang satu ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyajikan bahan dan materi presentasi menjadi lebih efektif,  menarik dan atraktif.

Kemampuan Presentasi Menggunakan Power Point

Microsoft Power Point merupakan salah satu aplikasi media presentasi yang terbilang sangat handal bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya karena dilengkapi dengan fitur yang  beragam dan sangat mudah untuk digunakan. Microsoft Power Point  juga memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan beragam objek, efek dan komponen lainnya untuk memperkuat materi yang disampaikan dan terkesan tidak membosankan. Namun, perlu Anda perhatikan juga untuk tidak berlebihan dalam menggunakan setiap fitur dan komponen yang ada didalamnya. Tetaplah fokus pada materi yang akan disampaikan dan komponen pendukungnya.

Kemampuan Microsoft Power Point untuk dapat  menambahkan beberapa objek dan efek yang menarik, termasuk  penggunaan objek animasi menjadi daya tarik visual tersendiri. Penambahan objek animasi, akan membuat presentasi menjadi tidak membosankan dan  menjadi lebih. Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak berlebihan ketika mengaplikasikannya. Terlalu banyak animasi juga dapat terasa mengganggu, serta mengurangi pemahaman presentasi.

Menambahkan Animasi Menggunakan Power Point

Untuk dapat menggunakan objek animasi pada Microsoft Power Point, terdapat empat tipe dasar animasi yang harus Anda pahami terlebih dahulu, yaitu :

  • Entry. Bagian yang dapat mendefinisikan objek animasi pada halaman/ slide presentasi
  • Emphasis. Bagian yang dapat digunakan untuk penekanan unsur yang terdapat pada halaman/ slide presentasi
  • Exit. Bagian untuk memidahkan objek animasi dari slide ke slide lainnya
  • Motion Path. Bagian yang digunakan untuk mengerakkan objek sesual dengan jalur yang dapat Anda tetapkan sendiri.

Nah, untuk dapat menambahkan objek/ efek animasi pada presentasi Anda, terdapat beberapa cara yang dapat diikuti, antara lain :

1.  Menggunakan Preset Animasi Pada  Teks atau Objek.

  • Pilih objek yang akan dijadikan animasi
  • Pada pilihan Menu Ribbon, pilihlah tab Animations.
  • Pilih jenis efek animasi yang Anda inginkan  dari menu Animation drop-down.

2.  Menggunakan Kustom Animasi Pada Teks atau Objek

  • Pilih objek yang akan dijadikan animasi, lalu klik “Custom Animation”
  • Pilih tombol  Add Effect. Terdapat empat beragam jenis animasi yang dapat Anda pilih.
  • Pilih Task Pane, jika Anda akan menambahkan efek animasi ke dalam daftar.
  • Pilih Remove, untuk dapat menghapus efek animasi yang telah dipilih sebelumnya

3.   Menambahkan Transisi Di Antara Slides

  • Pada panel sebelah kiri yang menampilkan slide dalam bentuk vertikal, pilih tab Slides.
  • Pilihlah beberapa slide yang akan Anda transisikan.
  • Pada tab Animation yang terdapat dalam menu Ribbon, pilihlah  efek transisi dari Transition to This Slide group.

Cara Menambahkan Animasi di PowerPoint – Penutup

Demikian beberapa cara singkat untuk menambahkan animasi menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint.  Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

About Ahli Kompie 339 Articles
Haryo adalah admin AhliKompie.com. Dia merupakan sarjana komputer (teknik informatika) dari salah satu universitas swasta ternama di Jakarta.

4 Comments

    • @ Riska

      Halo, terima kasih sudah memberi komentar :)

      Wah sayang sekali saya tidak diberitahu versi Power Point yang mana, karena versi PowerPoint 2000-2003, PowerPoint 2007 dan PowerPoint 2010 beda-beda caranya.

      Saya anggap ini untuk versi PowerPoint 2010, caranya sebagai berikut :

      [1] Masuk menu File > Options > Customize Ribbon > check Developer > klik OK

      [2] Sekarang masuk ke Tab Developer > Controls > pilih More Controls

      [3] Pilih icon yang ada tulisan Shockwave Flash Object, lalu Drag-and-Drop ke Slide yang dipakai. Sesuaikan ukuran seperlunya.

      [4] Klik kanan di icon Flash Object yang baru dibuat, pilih Properties, pilih properti Movie, lalu masukkan nama folder + nama file SWF yang ingin dimasukkan ke dalam PowerPoint.

      Begitu kira-kira. Semoga bermanfaat.

    • @ ahmad

      Kalau untuk Power Point, seperti dijelaskan di atas. Kalau untuk gambar GIF maksudnya, pakai program lain seperti Picasion atau Easy GIF Animator

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*