Ahli Kompie

Cara Membuat Email Yahoo Mail

Saat ini, memiliki akun email bagaikan sebuah kebutuhan primer. Terutama bagi Anda yang berkecimpung atau sering bersentuhan dengan yang namanya komputer dan internet. Ada beragam penyedia layanan email, salah satunya yang paling terkenal adalah Yahoo. Berikut akan dijelaskan mengenai langkah-langkah membuat akun email di Yahoo.

Cara Membuat Email Yahoo Mail – Langkah Pengerjaan

– Pertama tama, silakan kunjungi yahoo.com. Saat Anda mengakses alamat ini, biasanya Anda akan langsung di-direct ke page id.yahoo.com. Setelah itu klik ‘Mail’ yang terletak di tab sebelah kiri.

Cara Membuat Yahoo Mail - Homepage

– Cara lain yang lebih instan untuk memasuki halaman ini adalah dengan mengakses mail.yahoo.com.

– Halaman berikutnya akan ditampilkan kotak sign-in yang dapat Anda gunakan jika Anda sudah memiliki akun Yahoo. Karena Anda belum memilikinya, maka abaikan saja. Cukup klik tombol ‘Buat Account baru’ yang terletak di kotak sign-in bagian bawah.

Cara Membuat Yahoo Mail - Register

Cara Membuat Email Yahoo Mail – Data Pribadi

– Setelah itu, pada halaman berikutnya, Anda harus melengkapi data-data di form yang sudah disediakan. Data-data yang harus Anda masukkan pada form ini, antara lain :

• Nama (yang terdiri dari nama depan dan nama belakang)
• Jenis kelamin
• Tanggal lahir
• Negara tempat Anda tinggal

Cara Membuat Yahoo Mail - Data Diri

Cara Membuat Email Yahoo Mail – ID dan Password

Selanjutnya, Anda juga harus mengisi ID dan kata sandi untuk alamat email Anda.

• ID Yahoo! dan Email. Disini Anda harus memasukkan ID yahoo yang nantinya akan menjadi alamat email Anda. Tersedia empat jenis ekstensi mail dapat Anda pilih, seperti yahoo.co.id, yahoo.com, ymail.com dan rocketmail.com.

• Setelah Anda mengisi ID Yahoo!, Klik tombol ‘periksa’ yang berfungsi untuk memverifikasi mengenai ketersediaan alamat email sehubungan dengan alamat baru yang Anda inputkan. Disini Yahoo akan memastikan bahwa alamat email baru Anda adalah unik dan tidak ada satu pun yang menyamainya. Jika ternyata alamat baru Anda sudah ada yang menggunakan, maka Anda harus menggantinya dengan nama yang lain.

• Kata Sandi (Password). Disini Anda harus memasukkan kata sandi (password) untuk email Anda. visualisasi grafik disampingnya akan menginformasikan pada Anda mengenai kekuatan kata sandi yang Anda inputkan, apakah itu lemah atau kuat (bagus).

• Ketik ulang kata sandi (password). Di kotak isian ini, Anda harus mengetikkan ulang kata sandi Anda untuk memvalidasi kata sandi yang bersangkutan

Cara Membuat Yahoo Mail - Yahoo ID

Cara Membuat Email Yahoo Mail – Forgot Password?

Bagaimana jika suatu hari nanti saya lupa dengan ID Yahoo! atau kata sandi? Untuk mengatasi hal ini, Yahoo menyediakan dua pertanyaan rahasia yang harus Anda pilih untuk kemudian Anda jawab di kolom yang telah disediakan. Contoh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, seperti ‘Apakah nama sekolah dasar Anda?’ atau ‘apakah makanan favorit Anda semasa kecil?’ serta pertanyaan-pertanyaan lainnya. Tulis jawabannya dan jangan sampai Anda lupa dengan jawabannya. Karena suatu hari saat Anda tidak bisa mengakses akun email Anda karena lupa password atau lupa dengan ID Yahoo! Anda sendiri, maka Yahoo akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda pilih sehingga selanjutnya Anda dapat mengakses kembali akun email Anda.

Cara Membuat Yahoo Mail - Forgot Password

Cara Membuat Email Yahoo Mail – Kode Validasi

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menginputkan kode visual dimana Anda harus menginputkan kode Captca di kotak yang tersedia. Kode Captca ini berupa kombinasi huruf dan angka yang dirancang sedemikian rupa untuk proses validasi, salah satunya validasi registrasi email. Jika Anda merasa kurang jelas dengan kode Captca yang sedang ditampilkan, Anda dapat mencoba kode baru lainnya. Selain kode visual, tersedia juga kode audio. Jika Anda mengaktifkan kode audio ini, maka yang akan Anda dengar adalah suara-suara yang di dalamnya disisipi suara orang melapalkan beberapa angka acak (random). selanjutnya angka-angka tersebut dapat Anda inputkan di kotak yang telah disediakan.

Cara Membuat Email Yahoo Mail - Captcha

Cara Membuat Email Yahoo Mail – Penutup

Setelah selesai mengisi form, Klik tombol ‘Buat Account Saya’. Sebagai informasi tambahan, Yahoo menyajikan ‘Ketentuan Layanan Yahoo!’, ‘Kebijakan Privasi Yahoo! dan ‘Ketentuan Layanan Global Communications’. Ketiganya dapat Anda baca dan pahami sebelum Anda memutuskan untuk membuat akun email.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *